Apa Itu PancakeSwap? Tutorial Cara Menggunakan untuk Pemula

Apa Itu PancakeSwap

Jika Anda mengenal PancakeSwap, maka Anda mungkin tak asing dengan UniSwap, SushiSwap dan sejenisnya. Mereka adalah DApps yang paling populer, terlebih PancakeSwap.

Secara teratur mencatat lebih dari $100 juta dalam perdagangan selama 24 jam terjadi di PancakeSwap. Dalam waktu setahunan ini juga ia telah menjadi DEX yang dominan di Binance Smart Chain, bahkan melampaui Binance DEX milik Binance sendiri.

Bagi Anda yang masih pemula di dunia ini, masih asing dengan PancakeSwap, apa itu PancakeSwap, bagaimana cara kerjanya, cara menggunakannya untuk pemula, dan sebagainya. Semua hal yang pemula harus tahu, bisa Anda temukan jawabannya pada pembahasan berikut:

Apa Itu PancakeSwap?

Meski namanya terdengar lucu, tapi PancakeSwap bukanlah sebuah lelucon. PancakeSwap menjadi DEX (pertukaran aset kripto terdesentralisasi) paling populer di Binance Smart Chain (BSC) dalam beberapa bulan terakhir. 

PancakeSwap adalah jenis DEX, berbentuk platform yang bisa diakses lewat situs atau aplikasi, yang berfungsi untuk para pengguna memperdagangkan Binance Coin (BNB) dengan aman, serta menukarkan berbagai macam token BEP-20 tanpa bergantung pada layanan terpusat atau kehilangan kendali atas kunci pribadi mereka. 

Di balik PancakeSwap, ada staff-staff anonim yang bekerja dengan baik mengurus aktivitas-aktivitas perdagangan. Meskipun anonim, tapi platform telah diaudit oleh beberapa perusahaan keamanan blockchain terkemuka, seperti Certik dan Slowmist. Jadi keamanannya sangat terjamin.

Mengenal CAKE Pada PancakeSwap

CAKE adalah token utilitas asli atau cryptocurrency asli dari PancakeSwap, yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan, namun fungsi utamanya adalah untuk bertani hasil, taruhan, berpartisipasi dalam dalam Lotere PancakeSwap, dan lain-lain.

Cara Kerja Perdagangan di PancakeSwap

PancakeSwap menggunakan sistem khusus yang dikenal sebagai automated market marker (AMM), di mana seluruh proses pertukaran atau perdagangan tidak memerlukan buku pesanan atau satu perusahaan perantara untuk memfasilitasi perdagangan.

Tidak perlu yang namanya sistem pencocokan pesanan, dan pembeli tidak perlu menunggu untuk dijodohkan dengan penjual atau sebaliknya.

Sehingga setiap ada orang yang ingin menukar satu token dengan yang lain, mereka cukup menyetorkan token itu ke dalam kumpulan, lalu menarik token lain yang ingin mereka terima. Tidak perlu menunggu apakah ada pengguna yang memiliki tujuan sama dengan Anda atau tidak.

Cara Mulai Menggunakan PancakeSwap

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat dompet yang kompatibel dengan BNB Chain. Berikut beberapa pilihan yang tersedia:

  • Trust Wallet
  • BNB Chain Wallet
  • Coinbase Wallet

Kemudian hubungkan dompet tersebut ke BNB Chain. Setelah terhubung, Anda dapat mulai berinteraksi dengan DApps seperti PancakeSwap serta menambahkan likuiditas ke salah satu kumpulan di platform. 

Untuk menghubungkan dompet ke PancakeSwap dan menambahkan likuiditas, Anda dapat melakukan ini: klik ‘Connect Wallet’ di pojok kanan atas pada beranda PancakeSwap.

Setelah dompet terhubung, klik menu ‘Trade’ lalu pilih ‘Likuiditas’. Di halaman likuiditas, pilih ‘Tambah Likuiditas’ dan pilih pasangan token yang ingin Anda setorkan. Setelah itu Anda disuruh menandatangani transaksi dari dompet Anda.

Setelah itu, Anda akan menerima token penyedia Likuiditas (LP), yang menunjukkan bagian Anda dari kumpulan likuiditas yang dipilih.

Dengan memiliki token LP, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan token CAKE (token asli atau cryptocurrency asli dari PancakeSwap), untuk bertani di PancakeSwap dan aktivitas-aktivitas menguntungkan lainnya.

Catatan: Likuiditas pada cryptocurrency adalah kemampuan koin untuk dikonversi menjadi uang tunai atau jenis koin lainnya tanpa mengganggu harga.

PancakeSwap yang diluncurkan September 2020, kini mulai menjadi DApss favorit pengguna disebabkan selain aman, berdagang dan bertukar token atau koin di sana harganya murah. Tertarik memainkan dan bergabung bersama pengguna lain di PancakeSwap?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.