4 Cara Agar HP Xiaomi Tidak Bisa Dilacak Orang

Cara Agar HP Xiaomi Tidak Bisa Dilacak

Hati-hati, raksasa ponsel China Xiaomi merekam jutaan data diri pribadi orang-orang kemudian dikirimkan ke server jarak jauh yang dihosting oleh perusahaan terbesar China, Alibaba.

Tapi bila dilihat dari ‘siapa’ musuh kalian sekarang yang lebih pantas, sebenarnya bukan kepada perusahaan China tersebut, melainkan orang-orang di sekitar Anda yang dengan iseng atau jahat melacak keberadaan Anda yang seharusnya privasi tersebut.

Cara agar HP Xiaomi tidak bisa dilacak memiliki beberapa cara. Tapi mungkin tidak 100% ampuh berhasil, jadi kami akan sediakan kumpulan cara yang bisa Anda pertimbangkan nantinya.

Mengingat kalau manusia sekarang semakin canggih, ada baiknya kalian harus menjadi sosok yang lebih canggih pula.

Cara Agar HP Xiaomi Tidak Bisa dilacak

1. Mematikan Lokasi Anda

Jujur saja, sebenarnya cara ini kurang terbukti keberhasilannya. Karena lokasi yang Anda matikan itu cuma menyembunyikan informasi kemana saja Anda bepergian saat itu.

Sementara itu, akses lokasi, Google Maps, Gmail dan lain-lain milik Google, ia punya banyak akses untuk masuk ke dalam ponsel Anda.

Meski lokasi sudah dimatikan, tapi jika Anda masih memiliki akun Google yang tersimpan di HP, Anda akan tetap terlacak.

Setidaknya begitulah cara orang yang begitu tahu teknologi akan melacak Anda.

Tapi tenang saja, bila sampai separah itu, Anda tak akan cukup hanya mematikan lokasi, supaya lebih susah dilacak, hapuslah riwayat lokasi dari akun Google. Gunakan menu ‘Web and App Activity’ untuk menghapus jejak lokasi Anda.

2. Hapus Semua Jejak Lokasi dari Aplikasi yang Terpasang

Setelah menghapus jejak aplikasi di Google Maps beserta akun-akun Google (Gmail), sekarang waktunya Anda menghapus jejak lokasi dari aplikasi-aplikasi yang pernah meminta izin akses lokasi dari HP Anda.

Beberapa contoh aplikasi yang pernah mengambil informasi lokasi Anda adalah Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Cara menghapus jejak lokasinya berbeda-beda tergantung aplikasi. Atau lebih mudanya, Anda cukup menghapus data aplikasi lalu masuk ulang tanpa memberi akses lokasi ke aplikasi tersebut.

3. Mematikan Ponsel Anda

Cara agar HP Xiaomi tidak bisa dilacak berikutnya adalah dengan mematikan ponsel Anda. Hal ini akan menghapus lokasi yang akan Anda tuju nantinya, tapi tidak bisa menghapus lokasi terakhir tempat Anda singgah.

Jadi sifatnya cuma sementara. Setelah HP Anda dihidupkan lagi, lokasi Anda bisa terbaca dan terlacak lagi.

Satu-satunya cara paling ampuh supaya lokasi Anda tidak terdeteksi adalah tidak membawa HP tersebut bersama dengan Anda.

4. Matikan Data, Matikan Wifi dan Hidupkan Mode Pesawat

Ketika mode pesawat aktif, semua yang berhubungan dengan sinyal akan terputus. Ini juga akan memutus informasi Anda, tapi cara kerjanya ini sama dengan ketika kita mematikan ponsel.

Jadi intinya begini, ponsel bisa dilacak oleh 3 jenis sinyal: sinyal nirkable, sinyal Wifi dan sinyal GPS.

Jadi sangat tidak mungkin menyembunyikan lokasi dan berhenti membuat HP Anda bisa terlacak jika sinyal-sinyal itu masih tertaut ke perangkat Anda.

Harusnya masalahnya tidak seserius ini, tapi lihat-lihat dulu siapa orang yang melacak Anda.

Rasanya hampir tidak mungkin melakukan cara agar HP Xiaomi tidak bisa dilacak, apalagi jika yang Anda lawan di sini adalah polisi.

Baca juga:

Ini lah kenapa banyak penjahat buronan menggunakan ponsel Burner, atau ponsel yang setelah dipakai langsung dibuang. Teknologi sekarang benar-benar canggih, jadi tak ada ruang untuk membiarkan penjahat lolos.

Masalahnya, Anda ini penjahat atau bukan?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!