Cara Mencari Grup / Channel di Telegram dengan Mudah

Cara Mencari Grup Di Telegram

Cara mencari grup atau channel di Telegram ternyata sangat mudah, Anda dapat memanfaatkan fitur search pada aplikasi ataupun melalui internet menggunakan browser dan menjelajahinya dengan Google.

Telegram telah menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang disukai banyak orang kapasitas grup yang bisa mencapai 200 ribu orang. Tidak heran banyak yang memutuskan membuat grup lewat Telegram saja. Namun tentunya Anda harus tahu cara mencari grup di Telegram.

Karena ada banyak sekali grup-grup yang tersedia dengan tema pembahasan yang sama. Setelah tahu caranya, Anda bisa masuk ke grup dengan mudah dan mencari informasi yang dibutuhkan.

2 Cara Mencari Grup di Telegram

Tidak seperti aplikasi perpesanan lainnya, Telegram ini memiliki jangkauan akses grup yang sangat luas sekali. Bahkan bisa dikatakan jangkauan akses grup Telegram hampir seperti Facebook. Siapa saja bisa menemukan dan bergabung ke grup tersebut.

Berbeda dengan grup WhatsApp dimana orang lain tidak bisa mencarinya dengan mudah. Jika Anda penasaran, berikut ini cara mencari grup di Telegram dengan jangkauan yang sangat luas:

Cara Mencari Langsung Dari Aplikasi Telegram

Cara pertama ini tergolong sangat mudah sekali. Anda bisa menggunakan beberapa fitur di dalam aplikasi Telegram untuk mendapatkan grup-grup yang diinginkan. Berikut ini tahapannya:

  1. Tahap pertama pastikan Anda sudah memiliki akun Telegram.
  2. Jika sudah, bisa menjalankan aplikasi tersebut seperti biasa.
  3. Setelah itu, saat di halaman utama perhatikan pada bagian tab atas berupa gambar kaca pembesar. Klik pada simbol tersebut.
  4. Lalu Anda bisa mengetik kata kunci berupa nama grup atau tema grup yang ingin dicari dan tekan “Selesai”.
  5. Selanjutnya akan muncul pada tab “Pencarian Umum” nama-nama grup yang terkait dengan kata kunci yang Anda ketik.
  6. Sebelum memutuskan bergabung, perhatikan dengan seksama. Hasil pencarian itu tidak hanya terbatas grup saja. Namun termasuk Channel Telegram.

Ciri-ciri Channel Telegram pada informasi awal bertuliskan jumlah pelanggan dan kalau grup ada keterangan jumlah anggota.

  1. Tahap selanjutnya klik pada salah satu hasil pencarian yang memuat informasi jumlah anggota.
  2. Kemudian tekan “Bergabung” untuk menjadi anggota grup.

Kelemahan pencarian lewat aplikasi adalah Anda akan mendapatkan hasil pencarian berupa Channel Telegram dan Grup Telegram. Selain itu fitur ini juga tidak bisa menjelajahi grup-grup yang privat atau bukan bersifat umum.

Baca juga: Arti Mutualan di Telegram

Cara Mencari Lewat Google

Cara mencari grup yang kedua ini bisa dikatakan jauh lebih efektif dibandingkan cara pertama tadi. Namun Anda harus mengeluarkan sedikit usaha yang lebih ekstra ketika mencari grup Telegram.

Cara ini memanfaatkan mesin pencari Google. Berikut ini cara-caranya:

  1. Cara pertama masuk ke dalam mesin pencarian “Google” yaitu www.google.com. Bisa lewat Google Chrome, Mozilla FireFox dan aplikasi browser lain.
  2. Cara selanjutnya, klik pada kolom pencarian Google. Jangan pada kolom url atas.
  3. Ketik pada kolom pencarian tersebut dengan format “site:t.me (kata kunci grup)” dan tekan cari. Contohnya “site:t.me Hidroponik”.

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan hasil pencarian campuran antara Channel Telegram dan Grup Telegram.

  • Jika ingin hanya grup saja bisa mengetik format “site:t.me (kata kunci) view group” dan klik cari.
  • Setelah itu akan muncul banyak sekali rekomendasi grup-grup Telegram yang terkait dengan kata kunci tadi. Anda bisa mengklik pada salah satu hasil pencarian dan selanjutnya akan langsung diarahkan menuju ke aplikasi Telegram.
  • Untuk bergabung dengan grup tersebut, Anda bisa menekan tombol “Bergabung”.

Rekomendari beberapa bot Telegram untuk digunakan:

Cara mencari grup yang kedua ini lebih terperinci dan tidak campuran seperti cara pertama. Namun biasanya Anda harus mengubah kata kunci ke kata yang relevan lain agar bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih banyak.

Dengan mengetahui cara mencari grup di Telegram, Anda bisa mendapatkan grup yang diinginkan dengan cepat. Apalagi Telegram saat ini digunakan oleh banyak orang karena kapasitas grup yang sangat besar sekali.

You May Also Like

error: Content is protected !!