Jurusan Manajemen Bisnis Kerjanya Apa

Jurusan Manajemen Bisnis Kerjanya Apa? Ini 10 Prospek Pekerjaan Bagi Lulusannya

Menempuh pendidikan tinggi di universitas adalah salah satu hal yang sangat membanggakan. Dengan memiliki ilmu yang lebih dalam tentang sebuah bidang, Anda akan lebih mudah untuk memahami bidang tersebut. Salah satu jurusan dengan peminat terbanyak di Indonesia adalah Manajemen. Hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan tersebut.

Dengan banyaknya peminat di jurusan manajemen, banyak lulusan manajemen yang mencari lowongan pekerjaan yang satu lini dengan jurusan mereka. Apabila Anda adalah salah satu lulusan jurusan manajemen, berikut ini adalah 10 jenis pekerjaan yang bisa Anda lamar. Check this out.

10 Prospek Pekerjaan Untuk Lulusan Jurusan Manajemen

Project Manager

Prospek pekerjaan pertama yang bisa dilakukan oleh orang dengan gelar manajemen adalah Project Manager. Project Manager merupakan sebuah posisi di perusahaan yang bertugas untuk merencanakan proyek hingga mengeksekusi pelaksanaannya. Posisi ini bisa berupa karyawan tetap maupun tidak tetap atau kontrak, sehingga Anda bisa memilih apakah akan tetap di perusahaan yang sama atau berpindah-pindah perusahaan.

Jika Anda memiliki posisi sebagai Project Manager, maka Anda bisa memiliki gaji mulai dari 7 juta rupiah. Biasanya, gaji yang ditawarkan untuk Project Manager tergantung pada seberapa besar proyek dan jangka waktu pelaksanaan proyek yang ditangani.

Business Development

Jenis pekerjaan kedua yang bisa Anda dapatkan setelah mendapatkan gelar manajemen adalah Business Development. Sesuai namanya, pekerjaan Business Development akan menuntut Anda untuk mengembangkan bisnis yang sudah berjalan. Tugas utama dari posisi Business Development adalah melakukan riset pasar terkait dengan bisnis dan merencanakan pengembangan bisnis.

Tidak jarang posisi Business Development juga bertugas untuk menjalin kerja sama yang bisa membantu bisnis untuk berkembang dengan lebih pesat. Gaji yang ditawarkan untuk posisi Business Development sangat beragam, tergantung pada besar kecilnya perusahaan yang Anda pilih.

Business Manager

Pilihan pekerjaan lainnya yang bisa Anda lamar adalah Business Manager. Permintaan manajer setiap tahun selalu meningkat, sehingga apabila Anda memiliki gelar sarjana manajemen maka Anda bisa mencoba melamar pekerjaan Business Manager ini. Tugas utama dari seorang Business Manager adalah untuk membantu perusahaan mencapai target yang sudah ditentukan. Biasanya, pekerjaan Business Manager berkaitan dengan mengawasi sebuah departemen atau divisi.

Meski demikian, tidak jarang seorang Business Manager juga bertugas untuk menganalisa data hingga mengambil sebuah keputusan penting. Ketika Anda melamar pekerjaan Business Manager pada entry level, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 juta rupiah. Gaji ini tentu akan bertambah setelah Anda memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Pengusaha

Menjadi seorang pengusaha juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk Anda. Memang benar bahwa siapa saja bisa menjadi seorang pengusaha, tetapi bila Anda memiliki background di jurusan manajemen, maka akan lebih mudah bagi Anda memahami konsep bisnis.

Anda akan memiliki ilmu yang lebih dalam terkait manajemen, bisnis, marketing dan hal-hal lainnya. Gaji dari seorang pengusaha tentunya sangat fluktuatif sehingga Anda bisa mengusahakan gaji terbesar bila mendalami pekerjaan ini.

Marketing Executive

Marketing Executive adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran di bidang manajemen dan bisnis. Hampir semua jurusan manajemen pada universitas di Indonesia memiliki konsentrasi di bidang pemasaran, sehingga mendaftar pada pekerjaan Marketing Executive bukanlah hal yang sulit.

Banyak yang mengatakan bahwa posisi Marketing Executive merupakan bagian induk dari kegiatan pemasaran di sebuah perusahaan. Tugas utama seorang Marketing Executive adalah untuk memaksimalkan keuntungan melalui strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi yang sudah direncanakan oleh Marketing Executive akan dijalankan oleh pihak lain pada bidang pemasaran, seperti digital marketing dan content marketing.

Risk Manager

Pernahkah Anda mendengar tentang nama pekerjaan yang satu ini? Risk Manager merupakan sebuah posisi managerial yang bertugas untuk menyiapkan rencana yang dapat mengurangi atau menghindari faktor resiko. Posisi ini sangat dibutuhkan sebab setiap keputusan yang diambil oleh perusahaan tentu memiliki risiko tersendiri.

Bila Anda tertarik untuk melamar pekerjaan Risk Manager ini, maka Anda harus memiliki kemampuan analisa dan problem solving yang tinggi. Tanggung jawab yang diemban oleh seorang Risk Manager sangat besar, sehingga pastikan Anda sudah memahami betul job description yang diberikan.

Chief Operation Officer

Chief Operation Officer atau Direktur Operasional bisa menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan manajemen. Dapat dikatakan bahwa Chief Operation Officer merupakan posisi eksekutif tertinggi kedua dalam sebuah perusahaan. Sesuai dengan nama jabatannya, Chief Operation Officer memiliki tanggung jawab dalam kegiatan operasional dalam perusahaan setiap harinya.

Tidak hanya bertugas untuk melaksanakan tugas jangka pendek, Chief Operation Officer yang biasa disebut dengan COO juga bertugas untuk melaksanakan tujuan jangka panjang dalam sebuah bisnis. Karena tanggung jawabnya yang besar, penting bagi seorang Chief Operation Officer untuk memiliki pengetahuan serta pengalaman terkait fungsi-fungsi bisnis.

Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis atau Business Consultant dapat menjadi opsi pekerjaan lainnya untuk lulusan jurusan manajemen. Dalam profesi ini, Anda dituntut untuk bisa memikirkan solusi, menciptakan nilai hingga memperbaiki kinerja dalam sebuah bisnis. Secara garis besar, Anda akan diminta untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami sebuah bisnis.

Apabila Anda adalah seorang yang suka memecahkan masalah dan membuat solusi agar perusahaan dapat bergerak dengan lebih baik, maka Business Consultant adalah pilihan yang tepat. Biasanya, gaji dari seorang business consultant sangat tergantung kepada permasalahan yang harus dipecahkan. Tidak jarang juga sebuah perusahaan menghire seorang Business Consultant sebagai karyawan tetap.

Manajer E-Bisnis

Beberapa dari Anda mungkin masih belum sering mendengar tentang posisi Manajer E-Bisnis. Manajer E-Bisnis merupakan sebuah posisi gabungan antara bisnis dan teknologi. Sebagai seorang Manajer E-Bisnis, Anda akan bertugas untuk mengatur budget perusahaan, mengawasi perancangan serta pengembangan situs web hingga menyiapkan laporan sesuai dengan job description. Posisi Manajer E-Bisnis ini masih tergolong baru sehingga Anda akan menghadapi banyak tantangan yang bisa menambah pengalaman Anda di bidang ini.

Dosen atau Akademisi

Pilihan pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan manajemen terakhir dalam daftar adalah dosen atau akademisi. Untuk bisa menjadi dosen di sebuah universitas, Anda perlu mengambil magister di jurusan manajemen terlebih dahulu. Bila Anda memiliki minat dalam bidang mengajar dan pendidikan, maka pilihan pekerjaan ini akan sangat cocok untuk Anda.

Ketika menjadi seorang dosen, Anda harus menyiapkan bahan ajar sesuai dengan ketentuan yang dimiliki oleh kampus tempat mengabdi. Anda juga bisa melakukan penelitian sesuai dengan passion atau ketertarikan Anda. Gaji dari seorang dosen sendiri sangat beragam, tergantung pada jabatan dan status Anda.

Itu dia beberapa prospek pekerjaan yang bisa Anda lakukan sebagai seorang lulusan manajemen. Tentunya masih ada banyak lagi pekerjaan yang bisa Anda pilih, Anda bisa menyesuaikannya dengan passion dan pengalaman yang Anda miliki. Selamat mencoba.

Check Also

Skip Tracer Shopee

Skip Tracer Shopee: Pengertian, Syarat Daftar dan Gajinya

Shopee adalah salah satu start up marketplace yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang …