10+ Motivasi Menjadi OSIS Sebagai Alasan yang Tepat

Dibutuhkan motivasi yang tepat untuk menjadi OSIS agar kalian tidak melakukan hal dengan setengah hati. Sebab kalau hanya ingin mencoba-coba dan tidak serius, lebih baik tidak mencobanya sama sekali.

Tentu kita sudah sama-sama tau baik yang sedang duduk di bangku SMP maupun SMA dengan yang namanya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Merupakan organisasi yang beranggotakan orang-orang yang serius didalamnya.

Tidak sembarangan siswa dapat bergabung dengan organisasi ini, hanya mereka yang memiliki visi dan misi yang jelas agar bisa diterima dalam perkumpulan siswa paling populer di sekolah ini.

Maka dari itulah calon anggota osis harus memiliki tekad dan motiviasi yang kuat untuk ikut OSIS agar tidak menjalankan tugas hanya setengah-setengah saja, apalagi ikut organisasi dari keterpaksaan saja, sudah bisa dipastikan tidak akan bekerja secara maksimal.

10 Motivasi Menjadi OSIS Agar Lebih Yakin Dalam Berorganisasi

1. Menambah Teman

OSIS merupakan organisasi yang paling mencolok di sekolah, sudah pasti setiap siswa tau apa itu osis dan siapa saja anggotanya. Hal ini akan menambah temanmu dengan sendirinya karena saat menjabat jadi osis kalian akan banyak dikenal oleh siswa yang lain.

2. Menambah Pengalaman

Salah satu motivasi bergabung dengan OSIS tentu saja untuk menambah pengalaman. Pengalaman yang akan kalian dapatkan di organisasi ini tentu tidak akan kalian dapatkan ditempat lain.

3. Menyalurkan Ide

Jika kamu adalah tipe orang yang pemikir dan memiliki banyak ide di otakmu, maka kamu pantas untuk masuk dalam organisasi ini. Sebab di OSIS sendiri dibutuhkan berbagai ide kreatif untuk memajukan aktivitas dan mengangkan nama baik sekolah.

4. Melatih Kerjasama

Kerjasama sangat penting dalam sebuah kelompok, tentu ini harusnya selaras dengan struktur osis yang baik agar dalam pembagian tugas semua bisa maksimal. Ada banyak seksi dan jabatannya masing-masing, semua harus bertanggung jawab dengan tugasnya.

5. Melatih Keberanian Diri

Jika kamu merasa dirimu adalah tipe orang yang penakut saat ada dikeramaian orang atau tempat umum, maka janganlah jadikan itu sebagai kelemahanmu. Di osis sendiri kita akan dilatih untuk berani tampil didepan umum untuk publik speaking misalnya, hal ini sangat penting untuk kemajuan dirimu sendiri.

6. Terbentuknya Karakter Positif

Semua anggota osis tentunya adalah siswa yang memiliki karakter yang kreatif dan juga baik. Dengan berkumpul bersama mereka kita tentu tanpa kita sadari karakter kita akan berubah menjadi positif seiring lamanya kita bersama mereka.

7. Melatih Tanggung Jawab, Mental dan Disiplin

Sebagai osis kita tentunya akan mengemban berbagai tugas yang sudah dibagi masing-masing kepada setiap anggota. Kita harus bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan, hal ini juga akan melatih disiplin kita dan sekaligus mental agar terbentuk dengan baik.

8. Melatih Keterampilan

Kita harus melatih keterampilan yang kita miliki, contoh paling gampang adalah dalam komunikasi, kita harus memiliki komunikasi yang baik terhadap orang agar mereka mau mendengarkan kita. Atau dalam hal lain seperti mengatur jadwal dan mengawal sebuah acara misalnya.

9. Mendapatkan Relasi

Sebagai osis tentu kita akan lebih aktif berkomunikasi dengan orang, mau tidak mau hal ini akan memaksamu untuk mengenal lebih banyak orang. Hal ini tentu berdampak positif dengan masa depanmu, karena dengan banyak relasi maka kita akan mudah dalam melakukan apa saja.

10. Berguna untuk Mengisi CV

Jika kamu berniat untuk melamar pekerjaan kelak, maka kamu bisa isi dengan pengalaman menjadi osis semasa sekolah. Perusahaan biasanya akan lebih mempertimbangkan orang yang sudah pernah ikut organisasi dan semacamnya.

11. Mengisi Waktu dengan Hal yang Bermanfaat

Dengan bergabungnya kamu bersama OSIS, maka akan lebih banyak kegiatan yang bermanfaat untukmu. Misalnya pada bulan agustusan seperti mengadakan lomba, acara musik hingga pengajian. Tentu hal ini lebih menyenangkan daripada hanya sekolah, tidur dan nonkrong tidak jelas.

Itulah beberapa alasan yang tepat untuk masuk osis sekaligus motivasi menjadi osis agar dirimu lebih percaya diri. Isilah masa mudamu dengan hal-hal yang lebih bermanfaat agar kelak saat kamu sudah dewasa kamu tidak menyesal lagi.

Tag

Tinggalkan komentar